RIbbon dan Fungsinya MS. Word 2007
Microsoft Office Word 2007 (untuk selanjutnya disebut MS. Word saja) merupakan sebuah program aplikasi pengolah kata(Word Processor) buatan Microsoft Corporation.
MS. Word 2007 merupakan hasil pengembangan dari beberapa versi sebelumnya. MS. Word tampil lebih user friendly dan sudah menggunakan ribbon sebagai standar baru dalam menampilkan menu-menu tool. Berdasarkan klaim mereka, ribbon adalah sebuah inovasi yang kelak di masa mendatang menjadi sebuah standar bagi tampilan menu.
Bagi yang baru bermigrasi dari Word
2003 ke MS. Word 2007 tidak perlu panik dengan pemandangan yang begitu
asing tersebut. Anda hanya perlu sedikit adaptasi dan setelah itu, Anda
akan merasakan efisiensi dan kemudahan dalam bekerja. Bila Anda kurang
percaya, silahkan buka MS. Word 2007, letakkan pointer mouse ke area
area menu, kemudian putar tombol gulir. Apa yang terjadi? Anda benar!
Anda dapat membuka pintu akes ke setiap ribbon hanya dengan putaran
tombol gulir saja.
Kembali ke masalah menu icon, MS.
Word 2007 mengenal istilah tab, ribbon, dan group dalam menyajikan menu
tool. Berbeda dengan Word 2003 dan sebelumnya yang hampir 100% dikuasai
Kaum Bar-Bar (Titlebar, Menu Bar dan Toolbar).Perbedaan antara Tab, Ribbon dan Group:
•Ribbon adalah area yang digunakan untuk menampilkan tab dan menu dari tab yang aktif. •Group adalah
kelompok menu dalam tiap Ribbon yang memiliki kesamaan fungsi. Jadi,
Ribbon menyediakan tab yang terdiri dari menu, dan menu sendiri terdiri
dari beberapa Group, dan Group terdiri dari sekumpulan menu yang
memiliki kesamaan fungsi.
Tampilan Jendela MS Word 2007
Office Button
Secara umum, Office Button terdiri dari dua area, yaitu area kiri dan area kanan. Area kiri berisi perintah seperti New, Open, Save, Save As, Print, Prepare, Send, Publish, dan Close. Sedangkan di area kanan berisi pintasan file dokumen yang baru-baru ini dibuka.Pada bagian bawah flyout ini terdapat dua tombol perintah, yaitu Word Option (digunakan untuk melakukan properti terhadap MS Word 2007) dan Exit Word (digunakan untuk menutup jendela MS Word). Berikut ini adalah contohnya.
Keterangan:
Nama Icon
|
Keterangan
|
•New | digunakan untuk membuat file dokumen kosong baru |
•Open | digunakan untuk membuka file dokumen yang tersimpan |
•Save | perintah untuk menyimpan file dokumen aktif |
•Save As | digunakan untuk menyimpan file dokumen ke dalam format tertentu |
digunakan untuk mencetak file dokumen yang sedang aktif | |
•Prepare | digunakan untuk melakukan properti khusus terhadap file dokumen aktif |
•Send | digunakan untuk mengirimkan file dokumen aktif sebagai email / faksimile |
•Publish | perintah untuk menerbitkan dokumen aktif ke website / blog / dll |
•Close | digunakan untuk menutup file dokumen aktif |
Mengenal Fungsi Icon pada Tab Home
Add caption |
Group Clipboard
Group Clipboard terdiri dari sekumpulan menu yaitu:
•Paste : untuk menempelkan hasil copy atau cut.
•Cut : untuk memotong teks/objek terpilih.
•Copy : untuk menggandakan teks/objek terpilih.
•Format Painter : digunakan untuk meniru format halaman dokumen ke dalam dokumen lainnya.
* Tombol panah kecil di sudut kanan-bawah setiap Group digunakan untuk mengakses pengaturan lanjutan mengenai fungsi suatu Group.
Group Font
Menu-menu di Group Font secara khusus berfungsi untuk pemformatan seputar huruf. Terdiri dari :
•Font : untuk memilih jenis huruf
•Font Size : untuk mengatur ukuran huruf
•Grow Font : untuk memperbesar ukuran huruf secara instan
•Shrink Font : untuk memperkecil ukuran huruf secara instan
•Change Case : untuk mengubah status huruf kapital/huruf kecil
•Clear Formatting : untuk menghapus pemformatan teks terpilih
•Bold : untuk menebalkan teks terpilih
•Italic : untuk memiringkan Teks terpilih
•Underline : untuk memberikan garis bawah pada teks terpilih
•Strikethrough : memberikan tanda coret padateks terpilih
•Subscript : untuk mengetik karakter pemangkatan
•Superscript : untuk mengetik karakter pemangkatan
•Text Effect : untuk memberikan efek artistik pada teks terpilih
•Text Highlight Color : untuk memberikan warna stabilo di belakang teks terpilih
•Font Color : untuk mengatur warna teks terpilih.
Group Paragraph
Add caption |
•Bullets : untuk memberikan tanda bullet di tiap paragraf terpilih
•Numbering : untuk memberikan format penomoran di tiap paragraf terpilih
•Decrease Indent : untuk menggeser baris kedua paragraf ke kiri
•Increase Indent : untuk menggeser baris kedua paragraf ke kanan
•Left-to-Right : untuk menjadikan arah teks berjalan dari kiri ke kanan (format Latin)
•Right-to-Left : untuk menjadikan arah teks berjalan dari kanan ke kiri (format Arab)
•Sort : untuk menyortir data
•Show Paragraph Marks : untuk menampilkan / menyembunyikan tanda koreksi paragraf
•Align Text Left : untuk mengatur teks rata kiri
•Center : untuk mengatur teks rata tengah
•Align Text Right : untuk mengatur teks rata kanan
•Justify : untuk mengatur teks rata kanan-kiri
•Line Spacing : untuk mengatur jarak antar baris teks
•Shading : untuk mengatur warna latar teks terpilih
•Border : untuk memberikan garis tepi pada teks terpilih.
Group Styles
•Group Styles terdiri dari dua menu. Yaitu:
•Heading Styles : berisi pilihan format judul/subjudul dari paragraf terpilih
•Change Styles : berisi pilihan pengaturan tema paragraf
Group Editing
Secara umum group Editing terdiri dari Find, Replace, dan Select. fungsinya adalah:
•Find : untuk mencari kata tertentu berdasarkan keyword tertentu dalam suatu file
•Replace : untuk mencari dan mengganti kata yang ditemukan untuk diganti dengan kata tertentu •dalam suatu file
•Select : digunakan untuk memilih objek atau teks tertentu di dalam suatu file
Tab Insert digunakan untuk menyisipkan objek ke dalam dokumen yang dikelola. Baik berupa objek gambar, tabel, Shape, dan karakter spesial (Symbols). Bahkan dengan tab Insert tersebut, user bisa menyisipkan link ke file yang berada di luar dokumen, bahkan ke internet.
A. Fungsi Icon di Group Pages
Kata Kunci Bahasan
|
•Cover Page | digunakan untuk menyisipkan serta memilih jenis halaman sampul. |
•Blank Page | untuk menyisipkan halaman kosong baru dalam suatu file dokumen |
•Break Page | untuk memisah suatu halaman file dokumen |
1.Cover Page dibutuhkan saat user ingin membuat halaman sampul dari suatu file yang sedang digarap, merupakan fitur teranyar MS. Word yang sudah built-in sejak MS Word rilisan 2007 yang lalu. User bisa memilih bentuk sampul serta melakukan setting seperlunya, jadilah halaman sampul yang formal tanpa mengurangi nilai estetika.
2.Blank Page digunakan
untuk membuat halaman kosong baru. Ini sangat membantu user saat
pengelolaan dokumen harus pindah ke halaman baru, padahal baru setengah
halaman yang terisi teks. Jadi user tidak perlu menekan Enter ratusan
kali untuk mendapatkan halaman baru. Ini sesuai dengan visi MS. Word
seabgai aplikasi perkantoran yang simpel, praktis dan efisien.
3.Break Page sangat
dibutuhkan terutama saat user ingin memisahkan beberapa paragraf menjadi
dua halaman. sebagai ilustrasi, dalam suatu dokumen teridiri dari 10
paragraf yang berjejal di satu halaman saja, terus user ingin
menjadikannya sebagai dua halaman, maka user cukup meletakkan kursor di
bagian akhir paragraf yang ingin dijadikan halaman pertama, klik icon
Break page. Maka paragraf sesudah tanda kursor tadi akan berpindah ke
halaman berikutnya. Bila dalam hal ini user menggunakan icon Blank Page,
maka antara paragraf sebelum kursor dan setelahnya akan terpisah dengan
satu halaman kosong.
B. Fungsi Icon di Group Tables
Kata Kunci Pembahasan
|
•Insert Table… | untuk menyisipkan tabel melalui dialog Insert Table |
•Draw Table | untuk menyisipkan tabel dengan cara menggambar di halaman dokumen |
•Convert Text to Table… | digunakan untuk menjadikan teks terpilih berada dalam tabel |
•Excel Spreadsheet | untuk menyisipkan tabel dalam bentuk lembar kerja Excel |
•Quick Tables… | untuk menyisipkan tabel instan yang sudah tersedia jenis dan bentuknya di dalam MS. Word 2010 |
1.Insert Table digunakan untuk menyisipkan tabel melalui dialog box. User perlu menentukan jumlah kolom ke samping di area Number of Columns serta mengisi kotak Number of Rows untuk menentukan jumlah kotak ke bawahnya. Disini jumlah tabel maupun kolom tidak dibatasi, jadi user dapat menyisipkan tabel sepuasnya melalui perintah ini.
2.Draw Table berfungsi untuk menyisipkan tabel dengan menggambar secara manual di area dokumen. Saat icon ini di-klik, pointer mouse langsung berupa menjadi pensil yang dinamis. Drag secara diagonal untuk membuat gambar tabel berbentuk kotak. Bila di-drag secara diagonal akan membentuk garis lurus namun tidak melupakan ekstensinya sebagai tabel. Bila user membuat garis ini secara berurutan, maka spasi antar garis yang dibuat akan menjadi area dalam suatu tabel.
3.Convert Text to Table digunakan untuk mengkonversi atau mengubah paragraf terpilih menjadi berbentuk tabel. Disini program berjalan secara stereotip. Program hanya melihat adanya jejak tombol Tab dan Enter di keyboard. Bila hanya ada dua paragraf yang terseleksi maka hasilnya hanya ada dua kotak atas-bawah. Apabila teks yang terseleksi terdiri dari dua paragraf yang spasinya menggunakan tab, maka hasilnya terdapat dua kolom ke samping dan dua baris ke bawah.
4.Excel Spreadsheet digunakan untuk menyisipkan tabel dengan format lembar kerja Excel. dengan fitur ini user dapat memasukkan rumus fungsi layaknya di lembar kerja Excel. Jadi, user dapat menghadirkan spesifikasi Excel biarpun sebenarnya sedang bekerja di aplikasi word processor.
5.Quick Tables berfungsi untuk menyisipkan jenis tabel sesuai jatah yang tersedia di MS. Word 2010 ini. User dipersilahkan untuk memilih jenis dan tema tabel yang diinginkan. Dalam menu tersebut user dapat memilih desain kalender dll. sesuai bentuk yang tersedia.
C. Fungsi Icon di Group Illustrations
•Picture | digunakan untuk menyisipkan gambar yang tersimpan di komputer |
•Clip Art | untuk menyisipkan gambar-gambar ilustrasi yang tersedia di library program |
•Shapes | digunakan untuk menyisipkan objek gambar autoshape |
•SmartArt | digunakan untuk menyisipkan gambar dalam bentuk organization |
•Chart | digunakan untuk menyisipkan diagram |
2.Clip Art digunakan untuk menyisipkan gambar-gambar clip untuk tujuan ilustrasi yang berkaitan dengan tema yang dibahas dalam dokumen. Di samping itu, gambar Clip Art dapat berfungsi sebagai elemen pemanis dari dokumen yang tergarap, tentunya sesuai dengan yang tersedia di library program. Namun demikian user dapat mengunduhnya dari situs resmi Microsoft Corporation.
3.Shapes digunakan untuk menyisipkan objek geometris yang telah memiliki bentuk, seperti segitiga, lingkaran, bintang, segi empat, dll. Bisa dibayangkan, betapa sulitnya membuat gambar lingkaran dengan mengandalkan garis yang dibuat secara manual. Namun fakta berkata sebaliknya karena adanya fasilitas Shape ini. User dapat membuat objek lingkaran yang ideal dengan cukup menyisipkannya melalui Shape tersebut.
4.SmartArt merupakan fitur jelmaan Organization Chart di Word 2003 yang kini diamputasi di MS Word 2007 ini. Tak sekedar berubah nama. Siluman fitur 2003 ini memang sarat dengan objek inovatif dengan sosok tiga dimensi sebagai andalan. SmartArt berisi fitur untuk membuat gambar terstruktur yang lebih bersifat ilustratif. User bisa membuat ilustrasi jenis-jenis binatang melalui fasilitas ini.
D. Fungsi Icon di Group Links
Kata Kunci Bahasan
|
•Hyperlink | digunakan untuk menautkan teks / objek terpilih dengan file lain |
•Bookmark | digunakan membuat penanda buku |
•Cross-Reference | digunakan untuk membuat referensi antar file |
2.Bookmark digunakan untuk membuat penanda buku atau sebagai halaman favorit. Disini user diminta untuk melakukan setting terhadap file yang ingin dijadikan sebagai penanda buku atau halaman favorit dari teks atau objek terpilih.
3.Cross-reference digunakan untuk membuat referensi atau rujukan antar file. Dengan fasilitas ini user dapat membuat rujukan ke footnote atau endnote tertentu di suatu halaman.
E. Fungsi Icon di Group Header & Footer
Kata Kunci Bahasan
|
•Header | digunakan untuk mengatur kepala halaman suatu file |
•Footer | digunakan untuk melakukan setting terhadap kaki halaman suatu file |
•Page Number | digunakan untuk melakukan setting terhadap homor halaman |
2.Footer digunakan untuk mengatur atribut suatu halaman berupa kaki halaman. Biasanya di bagian footer berisi nomor halaman serta atribut komplementer lainnya. Seperti halnya header, Footer juga berisi pilihan mengenai format Footer sehingga user tinggal memilih serta melakukan setting seperlunya. Kesamaan antara header dan Footer adalah: jika user sudah membubuhkan keduanya di halaman tertentu maka Header dan Footer di halaman lainnya akan persis sama.
F. Fungsi Icon di Group Text
Add caption |
Kata Kunci Bahasan
|
•Text Box | digunakan untuk menyisipkan kotak yang dapat diisi dengan teks |
•Quick Parts | digunakan untuk mengatur teks otomatis dll |
•WordArt | digunakan untuk menyisipkan teks bergaya artistik |
•Drop Cap | digunakan untuk menyisipkan huruf kapital besar pada awal paragraf |
•Signature Line | digunakan untuk menyisipkan tanda tangan digital |
•Date & Time | digunakan untuk menyisipkan tanggal dan waktu terkini |
•Object | digunakan untuk menyisipkan objek dengan ekstensi OLE (Object Linking Embedded) |
2.Quick Parts merupakan menu yang menyediakan perintah-perintah, antara lain : (1) Autotext digunakan untuk mengatur teks otomatis, (2) Document Property untuk mengatur atribut dokumen [titel, tag, dll] (3) Field digunakan untuk menyisipkan Field atau judul tabel [dapat diset sebagai nomor otomatis sebagaimana di Access dan di Excel] (4) Building Blocks Organizer digunakan untuk mengatur seputar partikulasi Quick Parts (5) Save Selection to Quick Parts Gallery digunakan untuk menyimpan pemformatan dari teks terpilih ke dalam Quick parts Gallery.
3.WordArt digunakan untuk menyisipkan teks bergaya artistik. Dengan fasilitas ini user bisa menyisipkan tulisan-tulisan artistik 3 dimensi dan efek-efek lainnya. User akan diminta untuk memilih salah satu jenis Wordart, kemudian mengetikkan teks setelah terdapat perintah “Your Text here” dan dengan satu langkah lagi user sudah membuat teks dengan gaya dan efek yang fantastik.
4.Drop Cap digunakan untuk menysipkan huruf kapital dengan ukuran lebih besar di awal suatu paragraf. Disini lagi-lagi user disuguhi menu pilihan untuk mengambil salah satu bentuk Drop Cap yang diinginkan.
5.Signature Line digunakan untuk menyisipkan anda tangan digital melalui layanan khusus yang disediakan Microsoft Corporation.
6.Date & Time digunakan untuk menyisipkan tanggal dan waktu terkini sesuai dengan tanggal dan waktu yang berlaku dalam sistem. dengan ini user tidak perlu lagi mengutak-atik kalender atau bahkan membeli jam tangan hanya untuk membubuhkan tanggal dan waktu di surat undangan. Gunakan perintah ini untuk memasukkan waktu dan tanggal terkini di komputer.
7.Object digunakan untuk menyisipkan objek embedded, berupa objek yang dapat dprogram sehingga dapat menjalankan script tertentu. Objek yang dapat disisipkan dari perintah ini harus berupa objek dengan ekstensi OLE atau Object Linked Embedded.
G. Fungsi Icon di Group Symbols
•Equation: digunakan untuk menyisipkan simbol-simbol persamaan, terutama dalam bidang matematika.
•Symbol: digunakan untuk menyisipkan karakter khusus.
Add caption |
A. Icon Perintah di Group Themes
kata kunci |
•Themes | digunakan untuk memilih tema halaman yang meliputi warna halaman berikut warna hurufnya. |
•Color | digunakan untuk mengatur warna tema halaman. |
•Fonts | digunakan untuk mengatur tema huruf yang akan diterapkan ke halaman dokumen aktif. |
•Effect | digunakan untuk mengatur tema efek terhadap objek Shape yang terdapat di halaman dokumen. |
Menu Themes menyediakan
sejumlah bentuk tema halaman secara praktis. Dengan fitur ini user
dapat dengan mudah membuat dokumen artistik tanpa harus profesional di
bidang setting layout. Semuanya dilakukan dengan praktis dan efisien.
Bisa dibayangkan bahwa melakukan setting halaman merupakan pekerjaan
yang tidak mudah. Anda perlu mengamati mana judul, mana subjudul, dan
mana paragraf, kemudian harus mengklasifikasikan semuanya dari segi
jenis huruf, ukurannya, bahkan warnanya supaya menjadi sebuah pembukuan
yang tampil dengan sosok artistik. Namun fakta berbicara lain setelah
Microsoft Corporation merekrut fitur yang satu ini ke dalam produk
aplikasi perkantorannya tersebut. Semua hal yang sejatinya hanya mungkin
dilakukan oleh layouter profesional, kini dapat dengan mudah dilakukan
oleh orang yang tidak berlatarbelakang perbukuan. Di bagian ini pula
user tinggal memilih salah satu tema yang diinginkan, maka program
berjalan secara otomatis membantu Anda melakukan setting layout, bagian
per bagian, bahkan halaman per halaman. user hanya perlu berkonsentrasi
ke layar monitor dan naskah yang diketiknya.
2.ColorsSedangkan menu Colors berfungsi
untuk memilih warna tema dengan urutan warna secara hierarkis. Pun
juga, user dapat men-custom sendiri warna tema tertentu melalui menu
ini. Berbeda dengan menu Themes, menu Colors hanya memungkinkan user
untuk memilih jenis warna tema saja. Sementara di menu Themes adalah
berisi pilihan yang mengatur jenis, warna, dan bentuk huruf; bentuk dan
warna tabel; dan warna dasar dapat pula diatur dari menu ini.
3.FontsMenu Fonts secara
spesifik digunakan untuk memilih tema huruf. User disediakan jatah tema
huruf yang akan diterapkan ke halaman dokumen. Di samping itu, menu ini
juga tidak lupa memberikan peluang bagi user penganut perfeksionisme
untuk mengutak-atik sendiri tema huruf yang diinginkan.
4.EffectsMenu Effects bergerak
khusus di bidang pemberian tema efek terhadap objek geometris di
halaman dokumen. Dengan ini user dapat memilih tema efek dengan nuansa
warna yang telah dipilih di menu Colors. Seperti yang telah diketahui
bersama bahwa untuk membuat sebuah booklet yang aduhai tidak melulu
terletak dalam aspek ide yang tertuang dalam tulisan tersebut. Justru
seorang layouter perlu mendandani setiap objek di setiap halaman dengan
efek yang sedap dipandang mata. Namun tampaknya falsafah MS. Word tak
cukup sampai disitu. Susunan dan urutan warna bahkan juga diorientasikan
untuk menjelaskan sebuah hierarkis. Di menu Effects ini user akan
menemukan hal-hal tersebut, namun user juga diberi peluang untuk
melakukan kustomisasi dalam bidang yang satu ini.
B. Icon Perintah di Group Page Setup
Menu-menu yang terdapat di group Page Setup disediakan untuk melakukan pengaturan halaman, yakni dalam bidang ukuran kertas, margin halaman, pengaturan kolom teks, dll. Halaman dokumen dapat diatur sesuai dengan keinginan user, terutama untuk melakukan sinkronisasi dengan jenis dan ukuran kertas yang akan digunakan nantinya. Adapun menu perintah yang terdapat di group Page Setup yaitu : (1) Margins, (2) Orientations, (3) Size, (4) Columns, (5) Breaks, (6 ) Line Numbers, dan (7) Hypenation.Add caption |
kata kunci |
•Margins | digunakan untuk mengatur batas teks di halaman dokumen. |
•Orientation | digunakan untuk mengatur posisi kertas. |
•Size | digunakan untuk mengatur ukuran halaman. |
•Columns | digunakan untuk mengatur jumlah kolom teks. |
•Breaks | digunakan untuk mengatur kontinuitas halaman maupun kolom teks. |
•Line Numbers | digunakan untuk mengatur kontinuitas nomor baris teks. |
•Hypenation | digunakan untuk memisahkan suku kata dengan tanda hubung secara otomatis. |
Menu Margins digunakan
untuk mengatur batas teks di halaman dokumen. Dengan menu ini user
dapat mengatur sendiri ukuran batas teks sebelah kanan, kiri, atas, dan
bagian bawah halaman. Di menu ini user telah disediakan bentuk margin
bentuk standar. Namun user tetap berpeluang untuk melakukan kustomisasi
terhadap file dokumen garapannya.
2.OrientationsSedangkan menu Orientations digunakan
untuk mengatur posisi kertas sesuai keinginan pengguna. Disini hanya
terdapat dua pilihan, yaitu potrait untuk posisi kertas tegak dan
landscape untuk posisi kertas datar.
3.SizeMenu Size digunakan
untuk mengatur ukuran halaman dalam rangka adaptasi dengan kertas yang
nantinya akan dijadikan media cetak. Di menu ini user telah disediakan
beberapa ukuran kertas standar namun ia tetap berkesempatan untuk
mengkustomisasi ukuran sesuai dengan keinginan.
4.ColumnsMenu Columns digunakan
untuk mengatur jumlah kolom teks pada dokumen yang tengah digarap.
Dengan menu ini user dapat menjadikannya dua kolom, tiga kolom, dll. Di
bagian ini MS. Word juga memberikan satu peluang bagi user untuk
melakukan kustomisasi terhadap kolom teks dari dokumen yang digarap.
5.BreaksMenu Breaks digunakan
untuk memisahkan halaman, kolom teks, dll. Menu ini sejatinya sudah
punya lokasi di ribbon Insert namun masih juga pesan tempat di ribbon
Page Layout ini. Rupanya MS. Word punya setumpuk alasan mengapa menu ini
muncul dua kali di tempat yang berbeda. di ribbon Insert icon ini
berupa perintah langsung untuk memisahkan suatu halaman. Namun di ribbon
Page Layout, icon ini justru berupa menu pilihan. Di dalamnya terdapat
beberapa perintah yang mendukung untuk memisahkan halaman, memisahkan
kolom teks, bahkan untuk mengakhiri seksi tulisan. Selain itu, juga
menyediakan fasilitas untuk men-sett nomor halaman, juga berisi perintah
untuk melanjutkan kembali format yang telah di-break sebelumnya.
6.NumbersLine Numbers digunakan
untuk pengaturan seputar nomor baris dalam dokumen. Sering user dibuat
kewalahan saat melakukan pengelompokan dua penomoran yang berbeda, namun
nomornya justru berkelanjutan dari kelompok sebelumnya. Dengan menu ini
user hanya perlu menyeleksi sekelompok baris penomoran, masuk ke menu
ini dan klik perintah Restart Numbering, maka kelompok terseleksi tadi
sudah menjadi dua kelompok penomoran yang berbeda. User juga bisa
melanjutkan dari penomoran sebelumnya meskipun sudah terpaut beberapa
paragraf lain.
7.HyphenationSedangkan menu Hyphenation digunakan
untuk memisah suku kata secara otomatis dengan tanda hubung saat kata
kompleks (terdiri lebih dari dua suku kata) berada di akhir baris. Kolom
yang sempit dan format teks rata kanan-kiri menyebabkan jarak antar
kata kurang ideal. Apalagi didominasi kata kompleks. Hyphenation
menangani perkara ini. Ia akan melakukan idealisasi jarak antar kata
dengan cara memisah partikel kata dengan tanda hubung dan menyisipkan
suku kata setelah tanda hubung ke baris berikutnya secara otomatis, dan
menggabungkannya kembali bila area cukup luas, dalam rangka idealisasi
jarak antar kata. Seleksi teks dimaksud atau seluruh teks di dokumen,
lalu manfaatkan perintah Hyphenation ini, dan pilih Automatic. Maka
Hyphenation akan bekerja sesuai dengan job description-nya.
C. Icon Perintah di Group Page Background
Perintah-perintah di group Page Background digunakan untuk mengatur latar belakang halaman file dokumen yang sedang digarap. Ada tiga menu perintah: (1) Watemark (2) Page Color, dan (3) Page Borders.KATA KUNCI |
•Watermark | digunakan untuk memberikan efek tanda air di belakang teks. |
•Page Color | digunakan untuk mengatur warna latar halaman. |
•Page Borders | digunakan untuk mengatur garis tepi halaman. |
Watermark atau
tanda air sangat berguna saat suatu dukumen akan dipublikasikan hanya
sebagai contoh dari dokumen aslinya. Agar bisa dibedakan antara dokumen
“kelinci percobaan” tersebut dengan aslinya maka user dapat
membubuhi tanda air berupa tulisan remang-remang di belakang teks.
Selain itu, menu perintah tersebut juga digunakan untuk menghilangkan
tanda air yang telah disematkan. Bahkan, disini user diberi kewenangan
untuk mengkustomisasi tanda air di latarbelakang halaman. Watermark juga
berguna untuk memberikan pesan tertentu di halaman latar.
2.Page ColorPage Color digunakan
untuk mengatur warna latar halaman dokumen tergarap. Disini user
disuguhi sejumlah pilihan warna opsional sebagai warna latar dokumen
yang tengah diaktifkannya. Selain itu, user juga diberi peluang untuk
masuk ke opsi lanjutan bila ingin mengatur warna latar dokumen
garapannya secara lebih spesifik lagi. Jadi, dengan ini suatu dokumen
menjadi lebih berwarna, sebagaimana hidup ini yang penuh warna-warni.
Cuma yang perlu dicatat bahwa user perlu melakukan sinkronisasi antara
teks dengan warna latar yang diinginkan. Bila warna teks yang dipilih
berwarna gelap, usahakan agar memilih warna background yang agak cerah.
Demikian juga sebaliknya. Jadi, antara warna background dengan warna
teks harus kontras, namun jangan terlalu norak.
3.Page BorderSedangkan Page Border digunakan
untuk mengatur garis tepi halaman dokumen. garis tepi dapat berupa
garis stamdar maupun dengan kustomisasi yang spesifik. Ini diperlukan,
terutama saat menggarap brosur, piagam, dll. Saat user mengklik perintah
Page Border tersebut maka ia akan masuk ke dialog box yang berisi
pengaturan seputar border halaman.
D. Icon Perintah di Group Paragraph
Menu perintah di Group Paragraph ini secara umum digunakan untuk pengaturan seputar paragraf teks. Sedangkan perintah-perintah yang terdapat di group ini: (1) Indent, dan (2) Spacing.KATA KUNCI |
•Indent | digunakan untuk mengatur batas teks; |
•Spacing | digunakan untuk mengatur jarak antar paragraf. |
1. Indent
Indent digunakan untuk mengatur batas teks sebelah kanan dan batas teks sebelah kiri. Disini user disuguhi 2 kotak, yakni Left dan Right. User pasti tahu bahwa Left digunakan untuk mengatur batas kiri paragraf, dan Right digunakan untuk mengatur batas kanan paragraf. Sebenarnya User bisa melakukannya di opsi Margins yang beralamat di group page Setup. Namun tak jarang di tengah garapan suatu dokumen perlu mengatur Indent kanan atau kiri. Contoh, kalimat kutipan panjang perlu Indent lebih dalam dibanding paragraf lainnya. Bila dalam hal ini user mengaturnya di Margins, maka paragraf lain juga berubah posisinya. Dengan perintah Indent di group Paragraph ini user dapat mengatur secara spesifik paragraf terpilih apagr indent-nya berbeda dengan paragraf standar lainnya bawaan pengaturan margins.2. Spacing
Menu Spacing digunakan untuk mengatur jarak antar paragraf, baik dengan paragraf sebelumnya (Before) maupun dengan paragraf sesudahnya (After). User dapat mengatur jarak paragraf dengan meng-klik panah ke atas dan panah ke bawah di sebelah kanan kotak Before atau After. Namun demikian, user dapat memberikan pengaturan lanjutan dari paragraf ini dengan meng-klik panah di sudut kanan-bawah group Paragraph ini.E. Icon Perintah di Group Arrange
Secara umum, perintah-perintah di group ini digunakan untuk mengatur: (a ) posisi objek di antara teks, (2) posisi objek dengan objek lainnya, (3) mengatur aliansi objek di halaman dokumen.KATA KUNCI |
•Position | digunakan untuk mengatur posisi objek di dalam suatu halaman |
•Wrap text | digunakan untuk mengatur posisi objek dalam kaitannya dengan paragraf teks |
•Bring Forward | digunakan untuk untuk memposisikan suatu objek dengan objek lainnya |
•Send Backward | digunakan untuk mengirim objek terpilih ke belakang objek lainnya |
•Selection Pane | menampilkan panel navigasi objek |
•Align | digunakan untuk mengatur posisi objek lepas |
•Group | digunakan untuk mengelompokkan beberapa objek menjadi satu grup |
•Rotate | digunakan untuk memutar, dan membalik suatu objek terpilih |
0 komentar:
Posting Komentar